Sejarah Singkat Yarsi Sumbar

yarsi sumbar

Yayasan Rumah Sakit Islam (YARSI) Sumatera Barat didirikan atas prakarsa Bapak Mohammad Natsir, tertuang pada Akta Notaris Hasan Qalbi No. 20 tanggal 31 Januari 1969.

Pada tahun 1968, Bapak M. Natsir berkunjung ke Sumatera Barat atas undangan Yayasan Kesejahteraan. Pada waktu itu, beliau mendapat kesempatan mengunjungi hampir seluruh Kabupaten di Sumatera Barat yang difasilitasi oleh Gubernur Sumbar saat itu, Bapak harun Zein beserta Muspida Sumbar, dalam rangka pembangunan lahir dan batin di Sumbar.

Sewaktu hendak kembali ke Jakarta, sebagai hasil yang didapatkan selama kunjungan tersebut, Bapak M. Natsir menyampaikan suatu saran tertulis kepada Buya Dt. Palimo Kayo, yang isinya berupa harapakn kepada para alim ulama, sebagai pimpinan alamiyah dalam tatanan adat Minangkabau, bersama para cendikiawan, agar dimulailah suatu usaha pelayanan kesehatan berupa poliklinik kecil, dengan harapan agar usaha ini dapat berkembang nantinya.

Saran ini diterima oleh para alim ulama dan cerdik pandai, para ahli dan pemuka-pemuka kaum ibu, direstui oleh Gubernur Sumbar, dan sekaligus bersedia menjadi Pelindung bagi badan pelaksana Yayasan Rumah Sakit Islam Sumatera Barat (Yarsi Sumbar).

Yayasan ini mempunyai tujuan tercapainya derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat seluruhnya melalui pelayanan kesehatan tanpa memandang perbedaan agama, kedudukan, warna kulit dan asal usul, bertitik tolak dari niat yang diikrarkan, yaitu “Sesungguhnya shalatku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah, tuhan semesta alam”.

Untuk mencapai tujuannya, maka yayasan menyelenggarakan upaya kesehatan serta upaya – upaya lain yang berkaitan dengan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menyelenggarakan usaha – usaha lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan yayasan, dan mengelola harta kekayaan yayasan. Guna merealisasikan tujuan tersebut terutama untuk menyelenggarakan upaya–upaya pelayanan kesehatan, yayasan mendirikan Rumah Sakit yang diberi nama Rumah Sakit Islam ( RSI ) “ Ibnu Sina “ diberbagai daerah di Sumatera Barat, yaitu:

  1. RSI Ibnu Sina Bukittinggi, didirikan pada tanggal 30 Oktober 1969.
  2. RSI Ibnu Sina Padang Panjang, didirikan pada tanggal 3 Juni 1971.
  3. RSI Ibnu Sina Padang, didirikan pada tanggal 30 Mei 1972.
  4. RSI Ibnu Sina Payakumbuh, didirikan pada tanggal 3 Oktober 1972,
  5. RSI Ibnu Sina Simpang Empat, didirikan pada tanggal 5 Juli 1975.
  6. RSI Ibnu Sina Panti, didirikan pada tanggal 10 Oktober 1978.
  7. Balai Kesehatan Yarsi Mentawai didirikan Bulan Juni tahun 2005.

Selanjutnya untuk lebih menunjang pelaksanaan misinya, Yayasan juga mendirikan beberapa unit usaha lainnya, yaitu :

  1. Sekolah Pendidikan Keperawatan di Bukittinggi, didirikan tahun 1983. Kemudian dikonversikan menjadi Akademi Keperawatan 3 Januari 2000. Selanjutnya sekarang telah berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Yarsi Sumbar terhitung mulai tanggal 18 Juli 2008 memiliki 3 program studi yaitu program studi DIII Keperawatan, S1 Keperawatan dan DIII Kebidanan.
  2. Swalayan Masyithah di Bukittinggi didirikan 16 Juli 1986.
  3. PT. Radio Yarsi Citra Mandiri di Simpang Ampek didirikan 2 Agustus 2012

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s